Bergerak ke Perbatasan, Tangani Masyarakat dengan Diabetes Melitus tipe II dan Hipertensi

bb2

Bergerak ke Perbatasan, Tangani Masyarakat dengan Diabetes Melitus tipe II dan Hipertensi

Bergerak ke Perbatasan, Tangani Masyarakat dengan Diabetes Melitus tipe II dan Hipertensi

Rupat Utara – Dokter muda fakultas kedokteran Universitas Riau bersama Puskesmas Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara baru saja menggelar sosialisasi tentang betapa pentingnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, terutama terkait faktor risiko yang menjadi sasaran pelayanan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Penyakit Tidak Menular (PTM), dengan mengangkat Diabetes Melitus tipe II dan Hipertensi sebagai fokus utama kegiatan.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Desa Tanjung Medang Bapak Saipul, perwakilan Puskemas Tanjung Medang dr. Wahyudi Haryanto, SH, Sp.KKLP, Dosen Pembimbing dari Fakultas Kedokteran Universitas Riau dr. Elva Susanty, MKT, Sp.KKLP, dr. Handayani, MKK., Sp.KKLP, Dr. dr. Elda Nazriati, M.Ked, Sp.KKLP, dan dr. Dani Rosdiana, Sp.PD.

“Saat ini sudah terdapat 12 Posbindu PTM diwilayah kerja Puskesmas Tanjung Medang. Harapannya dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat lebih aktif memeriksakan diri dan lebih peduli akan kesehatan sebagai upaya meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat Desa Tanjung Medang” ujar Kepala Desa.

Kegiatan tersebut meliputi pelaksanaan POSBINDU PTM sesuai standar 5 meja oleh kader Kesehatan Desa Tanjung Medang yang telah diberi pelatihan kader dalam pelayanan Posbindu PTM pada Selasa, 21 Maret 2023. Selain pelayanan 5 meja, diikuti dengan penyampaian materi mengenai DM tipe 2 dan Hipertensi oleh Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Kegiatan tersebut juga serta pemberian media edukasi berupa leaflet dan kalender edukasi. Di sela acara, masyarakat dipaparkan kepada berbagai video senam seperti senam diabetes, senam jantung sehat, dan senam kaki diabetik dengan Dokter Muda yang berperan langsung sebagai instruktur. Masyarakat juga dapat berkonsultasi secara gratis dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, agar mendapatkan jawaban yang optimal terhadap problematika kesehatan yang dialaminya.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Kepala Desa, pihak Puskesmas, dan Dosen FK Unri. Diawali dengan pemberian lembar pretest kepada 57 orang masyarakat awam, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi DM tipe 2 dan Hipertensi oleh Dokter Muda COME FK Unri yang berisi pengertian, kriteria, faktor risiko, tanda dan gejala, komplikasi, tatalaksana, dan pencegahan. Diikuti dengan sesi tanya jawab, kuis, pemberian doorprize bagi peserta yang aktif, dan posttest kepada masyarakat. Sementara pada kegiatan pelayanan POSBINDU PTM, terdiri atas 5 meja, yaitu Meja 1 : pendaftaran, Meja 2 : wawancara terarah, Meja 3 : pengukuran berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh (IMT) dan lingkar perut, Meja 4 : pengukuran tekanan darah dan kadar gula, dan Meja 5 : Konseling dan edukasi.

            “Saye bersyukur betol akan acare ni, karene dengan ini kami bisa lebih tau mengenai ape yang dah tejadi dalam badan kami. Kite boleh bukan sekolah kedokteran, tapi cari ilmu harus kuat! Makasih banyak ye untuk Dokter Dokter yang dah jauh sangat datang kemari”, ucap salah satu masyarakat yang hadir.

 

Acara ditutup dengan pemberian plakat kepada Kepala Desa dan Puskesmas Tanjung Medang oleh dr. Elva Susanty, MKT, Sp.KKLP dan dr. Handayani, MKK., Sp.KKLP. Diharapkan dengan berakhirnya acara, antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan POSBINDU agar derajat kesehatan masyarakat Rupat Utara terus meningkat.